Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Wednesday 1 April 2015

Cara Mengukur Suhu yang Tepat Pada Anak

Cara Mengukur Suhu yang Tepat Pada Anak

Panas pada anak biasanya merupakan reaksi tubuh akan infeksi-infeksi umum seperti batuk, pilek, dan infeksi virus lainnya. Waspadai panas tubuh pada anak untuk mengetahui apa yang menyebabkan dan bagaimana solusinya. Karena suhu badan yang terlampau tinggi dari suhu normal merupakan masalah serius pada anak. Ketika anak menunjukkan gejala demam, segera ukur suhu tubuhnya di titik-titik yang tepat. Ada beberapa titik pada tubuh yang dapat dijadikan acuan suhu tubuh anak. Berikut ini beberapa titik tersebut dan bagaimana caranya.
  1. Ukur suhu anak di mulut dan ketiak. Suhu tubuh normal pada titik tersebut, berkisar antara 36 hingga 37 derajat celcius.
  2. Ukur suhu di bawah lengan. Suhu normal pada titik tersebut adalah 36,4 derajat celcius atau 97,4 derajat Fahrenheit. 
  3. Ukur suhu di bawah lidah, suhu normal memang sedikit lebih tinggi, yaitu 37 derajat Celcius atau 98,4 derajat Fahrenheit.
  4. Catatan : Anak sudah bisa dikategorikan demam jika suhunya mencapai angka 37,5 derajat celcius.
  5. Waspadai jika umur anak masih di bawah satu tahun. Segera bawa anak ke dokter atau klinik terdekat apabila panas anak mencapai angka 38 derajat Celcius pada bayi di bawah 3 bulan atau 39 derajat Celcius pada anak umur 3 hingga 6 bulan.
  6. Untuk anak yang berusia lebih tua, segera bawa anak ke dokter atau klinik terdekat apabila suhu anak di atas 40 - 41 derajat Celcius.
Dengan segera membawa ke dokter maka penyebab panas pada anak dapat segera diketahui. Sehingga penanganan dan penyembuhannya bisa segera dilakukan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengukur Suhu yang Tepat Pada Anak

0 comments:

Post a Comment