Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Tuesday 9 December 2014

Bahaya Stres Saat Hamil


Bunda, ibu-ibu hamil sangat rentan mengalami stres. Ibu hamil yang mengalami stres bisa berdampak kurang baik bagi buah hati yang dikandungnya. Sebagai ibu, bunda harus sangat meperhatikan kesehatan, tidak hanya kesehatan secara fisik tapi juga kesehatan jiwa. Kesehatan jiwa sangat penting. Bunda hamil harus tenang, rileks dan tidak memikirkan hal-hal yang terlalu berat agar tidak membuat stres. 

Ketika bunda hamil stres saat hamil, secara tidak langsung ia akan kurang memperhatikan kondisi bayi dalam kandungannya. Saat kondisi stres bisa jadi bunda susah makan sehingga nutrisi untuk buah hati dalam kandungan tidak tercukupi. Akibatnya, fungsi organ pada bayi seperti otak menjadi terhambat. 

Dampak yang ditimbulkan pasca melahirkan pada buah hati, jika hamil saat stres yaitu anak gampang cemas, rewel dan mudah menangis. Selain itu, buah hati akan lebih mudah terbangun pada malam hari dan menangis. Pada saat kondisi stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon kortisol dan hormon stres. Hamil dalam kondisi stres akan membuat tumbuh kembang buah hati menjadi terhambat. 

Oleh karena itu, ketika hamil bunda harus memperhatikan asupan gizi, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup sehingga terhindar dari stres. Sehat secara jiwa dan raga mutlak diperlukan agar pertumbuhan buah hati dalam kandungan dan pasca melahirkan tumbuh optimal. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bahaya Stres Saat Hamil

0 comments:

Post a Comment