Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Tuesday 16 December 2014

Ini Pertanda Bayi Anda Cukup ASI


Bayi yang baru lahir idealnya disusui 8 sampai 12 kali sehari, setiap 2 atau 3 jam sehari. Selama proses pertumbuhannya, bayi Anda bisa saja menyusu lebih banyak atau meminta untuk disusui lebih sering. Andalkan kemampuan tubuh Anda jika bayi Anda meminta jatah menyusu lebih banyak. Semakin sering bayi mendapatkan ASI dari anda, semakin banyak susu yang Anda produksi. Semakin besar usia bayi Anda, semakin banyak susu yang ia konsumsi dalam frekuensi waktu yang lebih sedikit setiap kali minum susu. Namun, tak sedikit bunda yang khawatir, terutama bunda baru tentang kecukupan ASI buah hatinya. Mereka selalu bertanya-tanya, apakah ASI-nya cukup. Agar bunda tak senewen, berikut ini pertanda bayi bunda cukup ASI : 
  • Buang air kecil lebih dari 6 kali sehari dengan warna urine yang tidak pekat dan bau tak menyengat.
  • Berat badan naik lebih dari 500 gram sampai 1 kilogram setiap bulan pada trimester pertama. Kemudian bertambah sekitar 600 gram setiap bulan pada trimester kedua dan bertambah sekitar 400-500 gram setiap bulannya pada trimester ketiga.
  • Bayi terlihat tenang dan puas setelah menyusu dan akan melepas sendiri mulutnya dari payudara ibu.
  • Setelah menyusu bayi langsung tertidur karena ASI memicu produksi hormon endorphin yang merangsang tidur.
  • Setelah beberapa hari, bayi akan buang air besar setidaknya dua kali sehari dengan tinja berwarna kuning atau gelap dan mulai berwarna lebih cerah setelah hari kelima belas.
Bayi yang terlihat senang dan puas setelah disusui dan terjaga serta aktif beberapa saat setelahnya mungkin bisa menjadi tanda bahwa ia sudah mendapatkan cukup susu. Semoga bermanfaat, Bunda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Pertanda Bayi Anda Cukup ASI

0 comments:

Post a Comment