Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Tuesday 3 March 2015

Cara Melatih Kemandirian Pada Anak

Kemandirian adalah sikap yang baik dan harus ditanamkan sedini mungkin kepada anak. Mengapa? Karena dengan begitu anak semakin hari semakin terlatih dan terbiasa untuk mandiri. Ketika beranjak usia remaja dan dewasa, anak menjadi pribadi yang dapat diandalkan. Namun, melatih anak untuk mandiri bukanlah hal yang mudah dan instan. Diperlukan kesabaran ekstra dalam melatih kemandirian pada anak. Kita bisa memulainya dari hal-hal ringan sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa cara melatih kemandirian pada anak.

1. Merapikan kamar tidur sendiri
Diawali dengan kebiasaan setelah bangun, mintalah anak untuk merapikan kamar tidurnya sendiri. Tak perlu waktu lama, mungkin 5-10 menit cukup untuk membiasakannya melakukan setiap hari. Pada awalnya berikanlah contoh bagaimana cara melipat yang baik, menyusun yang baik, kemudian jangan bosan untuk mengingatkannya ketika lupa. Beri pendampingan dan arahan ketika proses pembiasaan ini.

2. Bersih-bersih di hari libur
Bersih-bersih rumah ketika hari libur juga dapat melatih kemandirian pada anak. Ketika hari libur tiba, anggota keluarga sedang berada di rumah, dapat diajak untuk bersih-bersih bersama. Membersihkan rumah, taman dan menata ruangan akan mealtih anak untuk terbiasa rapi dan bersih. Berikan porsi kepada anak sesuai kemapuannya dan beri kesempatan untuk membantu ayah atau ibu dalam membersihkan sesuatu.

3. Mempersiapkan diri sebelum ke sekolah
Persiapan ke sekolah adalah kebutuhan anak. Mintalah anak untuk mepersiapkannya dengan baik. Memasukkan buku ke dalam tas sekolah, membantu membuat bekal yang ia sukai, mempersiapkan baju dan sepatu, dan lain sebagainya. Libatkan anak dalam proses ini setiap hari agar menjadi kebiasaan yang baik untuk mandiri.

4. Meletakkan barang pada tempatnya
Biasakanlah pada anak untuk meletakkan barang pada tempatnya setelah menggunakan. Ayah dan ibu haru memberikan contoh agar anak mengikuti dengan baik. Beritahukan bahwa dengan meletakkan barang kembali pada tempatnya maka akan terlihat rapi, bersih dan barang dapat ditemukan lagi dengan mudah ketika akan menggunakannya. Jangan bosan untuk mengingatkan anak agar tebiasa mandiri melakukannya.

5. Menyiapkan makanan 
Anda juga bisa melatih kemandirian anak dengan melibatkan menyiapkan makanan. Berikan kesempatan pada anak untuk membantu. Berikan porsi yang sesuai dengan usianya dan pastikan barang yang dipegang adalah barang yang aman untuknya, seperti tidak mudah pecah, tidak berat dan tidak panas. Setelah selesei makan, ajarkan untuk membawa piringnya ke tempat cuci piring.

6. Meletakkan pakaian kotor pada tempatnya
Sebelumnya, Anda harus menyediakan tempat pakaian kotor pada anak. Kemudian, latihlah untuk selalu meletakkan pakaian kotor pada tempatnya. Pakaian kotor yang tidak pada tempatnya maka konsekuesinya tidak akan dicuci. Jangan bosan untuk mengingatkan hal ini jika anak lupa melakukannya.

7. Mengambil makan sendiri
Seiring perkembangan usianya, Anda bisa melatihnya untuk mengambil makanannya sendiri dan makan sendiri, tidak disuapi lagi. Ajarkan pada anak, cara mengambil yang benar dan sopan kemudian minta ia mengikutinya. Latih kebiasaan ini dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

Melatih kemandirian pada anak dapat meningkatkan rasa tanggung jawabnya. Sehingga ia tidak lagi menjadi anak yang manja dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Untuk dirinya sendiri, ia bisa melakukannya sendiri dengan mudah. Tentu hal ini sangat membantu perkembangannya ke depan. Latihlah kemandirian pada anak dengan contoh yang baik, sabar dan penuh kasih sayang. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Melatih Kemandirian Pada Anak

0 comments:

Post a Comment