Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Saturday 21 March 2015

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37 derajat celcius yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga bisa merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia (sel darah putih) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Apalagi ketika musim hujan tiba. Banyak virus dan bakteri yang sering menyerang dan menyebabkan penyakit pilek, batuk dan flu. Usia anak-anak adalah usia yang rentan terhadap segala penyakit, salah satunya adalah demam. Tidak jarang orangtua mengalami kekhawatiran saat anak demam tinggi di musim hujan. Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika anak demam tinggi.

Cari Tahu Suhu Anak
Cari tahu suhu anak dengan tenang menggunakan termometer. Tempat yang paling tepat untuk mengetahui suhu tubuh anak adalah mulut, ketiak dan lipatan siku tangan. Ketika Anda telah mengetahui suhunya, selanjutnya Anda dapat memutuskan pertolongan pertama pada anak. 

Kompres Dahi Anak
Mengompres dahi anak adalah langkah pertolongan pertama yang perlu dilakukan untuk menurunkan suhu demam anak. Gunakanlah air dingin untuk mengompres anak. 

Pastikan Anak Cukup Minum 
Demam pada tubuh seseorang dapat mempengaruhi cairan dalam diri anak. Usahakan agar anak bersedia minum cukup di saat dirinya demam. Dengan minum air yang cukup, sirkulasi cairan dalam tubuh dan bakteri penyebab panas akan ikut terbuang bersama keringat ataupun urine. 

Panggil Dokter Anak
Ketika anak mengalami panas tinggi dalam kurun waktu lebih dari 24 jam, jangan ragu untuk memanggil dokter anak. 

Pakaian
Pastikan anak memakai pakaian yang hangat di musim hujan apalagi saat tidak enak badan. Dingin karena hawa musim hujan atau pendingin ruangan, bisa jadi merupakan pemicu kekebalan tubuh anak berkurang sehingga ia mengalami demam. 

Kebersihan Makanan dan Tubuh
Kebersihan makanan dan tubuh sangat perlu dijaga di musim hujan. Saat anak demam pastikan memberikan makanan yang bernutrisi dan pastinya bersih. Meskipun dalam keadaan demam anak juga harus dijaga kebersihan tubuhnya. Tidak perlu mandi untuk menjaga kebersihannya, cukup dengan mengelap tubuh anak menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat. 

Demam tinggi pada anak memang membuat orang tua khawatir. Hal ini wajar namun Anda harus tetap tenang menghadapinya. Jangan panik dan segera lakukan tindakan agar kondisi anak terpantau dan lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Anak

0 comments:

Post a Comment