Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Thursday 19 March 2015

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

Obesitas merupakan salah satu hal yang yang harus dihindari sejak dini. Tidak hanya pada orang dewasa namun obesitas juga tidak baik bagi anak. Obesitas cenderung berdampak pada resiko serangan jangtung, diabetes dan kanker. Oleh karena itu, upaya pencegahan obesitas pada anak harus segera dilakukan. Apalagi, anak-anak pada usia 6-11 tahun cenderung dalam masa hiperaktif dan sulit dikontrol aktivitasnya terutama berkaitan dengan pola makan. Hal inilah yang harus diantispasi oleh orang tua agar anak terhindar dari obesitas. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas pada anak.

Perhatikan pola makan anak
Obesitas pada umumnya disebabkan karena pola makan yang tidak terkontrol dengan baik. Terutama pada makanan yang mengandung banyak bahan pengawet, minuman bersoda dan makanan cepat saji. Makanan yang memang enak dan disukai anak-anak. Nah, disinilah peran orang tua untuk selalu memperhatikan dan mengontrol pola makan anak. Hindari makanan berpengawet, junk food dan fast food. Latihlah anak-anak untuk menyukai buah dan sayur sejak dini. 

Latih gaya hidup yang seimbang
Pada usia anak-anak, mereka sangat menyukai bermain game, nonton tv atau nonton film. Kebiasaan tersebut dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya berat badan. Latihlah anak untuk mendapatkan gaya hidup yang seimbang dengan diiringi aktivitas yang memicu banyak gerak seperti permainan-permainan jaman dahulu bersama teman-temannya.

Latih untuk meyukai olahraga
Kebiasaan olahraga sejak dini sangat baik untuk anak. Olahraga yang dilakukan sejak dini dapat menyeimbangkan berbagai hormon dalam tubuh sehingga pertumbuhan menjadi seimbang dan anak terhindar dari obesitas.

Jenis menu diet sehat untuk anak
Menu diet sehat untuk anak tentu berbeda dengan menu sehat pada orang dewasa. Konsultasikan pada ahli gizi untuk menu yang cocok dan tepat sesuai dengan tingkat usia anak. 

Biasakan berkumpul bersama keluarga
Biasakan untuk berkumpul bersama keluarga terutama saat makan. Kebiasaan ini akan membuat anak jauh lebih terbuka pada orang tua. Hal ini tentu akan memudahkan orang tua untuk memberikan arahan yang baik dan pengertian tentang bahaya obesitas pada anak. 

Obesitas pada anak perlu dihindari sejak dini. Agar anak dapat tumbuh dengan sehat dan seimbang. Orang tua jangan sampai bosan untuk terus melatih anak dan memberikan contoh hidup sehat pada anak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

1 comments:

  1. Makan atau ngemil terlalu banyak: Selain menu makan yang buruk, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orangtua cenderung memberi makan anak makanan-makanan berkalori besar seperti es krim, kue, keripik, atau makanan lain dalam kemasan di sela-sela jam makan agar anak tidak rewel. supaya obesitas pada anak ga terjadi coba baca sini http://goo.gl/xqyCyi

    ReplyDelete