Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Sunday 7 June 2015

4 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan yang penuh dengan pahala dan kasih sayang. Salah satu kewajiban di Bulan Ramadhan adalah berpuasa. Bulan Ramadhan dapat menjadi salah satu momen penting untuk melatih anak berpuasa. Karena pada bulan ini semua orang akan berpuasa. Sehingga anak lebih dapat melihat contoh yang diberikan sekitarnya dan belajar untuk melaksanakannya. Tentu melatih anak berpuasa tidak mungkin serta merta. Harus ada tahap-tahap agar anak melakukannya tanpa disertai rasa terpaksa atau terbebani. Nah, setidaknya ada 4 tips melatih anak berpuasa Ramadhan seperti berikut ini. 

1. Menjelaskan Makna Ibadah Puasa 
4 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadhan
Modal awal sebelum melatih anak berpuasa adalah menceritakan kepadanya makna ibadah puasa, mengapa kita harus puasa dan apa keuntungannya. Anak akan lebih memahami makna tersebut jika disampaikan melalui cerita dan contoh karakter teladan. Kemudian persiapkan dengan sebaik-baiknya ketika hendak berpuasa. Mulai dari niat, peraturan puasa hingga memberinya contoh berpuasa. Anak akan sangat senang sekali jika orang disekitarnya juga melakukan hal yang sama. 

2. Puasa Secara Bertahap
4 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadhan
Anak-anak belum terbiasa dengan menahan lapar dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, latihlah untuk melakukannya secara bertahap. Bangunkan di waktu sahur untuk makan bersama. Jika hingga siang hari anak masih kuat dan tidak meminta untuk makan maka boleh dicoba untuk dilanjutkan sampai ashar bahkan magrib. Namun, jika ia hanya mampu bertahan hingga dhuhur tiba maka berikan makannya kemudian minta ia melanjutkan puasanya hingga berbuka. Terus motivasi hingga ia sanggup berpuasa penuh. Anda boleh mencoba mengalihkan perhatiannya dari lapar dengan bermain bersama. 

3. Persiapkan Makanan yang Bergizi dan Menarik
4 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadhan
Biasanya anak memiliki menu makanan favorit. Berikan reward berupa menu makanan favoritnya ketika ia mampu menyeleseikan puasanya hingga penuh. Selain itu, singkirkan segala macam bentuk godaan berupa makanan, minuman dan camilan dari tempat yang terjangkau mata. Jangan lupa juga untuk selalu memberinya makanan yang bergizi ketika sahur dan juga multivitamin jika dibutuhkan. Anak akan memiliki cadangan makanan yang penuh sehingga kuat menjalani puasa. 

4. Isi Waktu dengan Ibadah Ramadhan
4 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadhan
Ramadhan memiliki banyak ibadah dan kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu puasa. Ajak anak melakukan aktivitas baik ibadah maupun kegiatan bermanfaat lainnya yang berkaitan dengan Ramdhan. Waktu berpuasa juga menjadi waktu yang bagus untuk belajar dan mulai untuk menghafal Al Quran. Jika Anda tak memiliki waktu yang cukup, bisa juga memasukkan anak ke pesantren kilat agar anak juga belajar bersosialisasi dan beribadah dengan teman-temannya. 

Melatih anak berpuasa di Bulan Ramdhan biasanya memiliki akurasi keberhasilan yang tinggi. Hal ini dikarenakan lingkungan dan suasana yang sangat mendukung. Lebih berat rasanya jika mengajarkan anak berpuasa pada hari-hari biasa. Godaan yang begitu besar akan menyulitkan anak mengontrol rasa laparnya. Oleh karena itu, Ramadhan akan segera tiba, mari persiapkan dengan baik termasuk mempersiapkan melatih anak berpuasa Ramadhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadhan

0 comments:

Post a Comment