Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Monday 1 February 2016

Anak Malas Makan? Coba Tips Ini!

Sebagai orang tua, tentu kita khawatir jika anak mulai malas makan. Nafsu makan pada anak memang bisa berubah dari hari kehari sesuai dengan aktivitas bermain, suasana hati, hingga kebosanan pada menu makanan yang disajikan. Namun, jika terlalu sering anak malas makan, kita memang harus waspada. Apalagi jika sampai berpengaruh pada berat badannya. 

Anak Malas Makan? Coba Tips Ini!

Penurunan nafsu makan pada anak perlu diantisipasi dengan berbagai cara. Mulai dari mengalihkan perhatiannya atau makan sambil bermain. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tips mengatasi anak malas makan. 

Buat jadwal makan yang teratur
Anak-anak perlu dilatih untuk menyesuaikan jam biologis pada dirinya. Seperti jam tidur dan jam makan. Jika anak telah terbiasa memiliki jam biologis tersebut, maka secara otomatis anak akan merasa lapar di jam tersebut. 

Makan bersama-sama
Anda juga bisa membiasakan anak untuk makan bersama-sama anggota keluarga yang lain. Hal ini untuk memicu nafsu makan pada anak. Anak cenderung mencontoh sesuatu yang menarik baginya. Beri contoh pula cara mecuci tangan yang benar sebelum makan. 

Memperbanyak aktivitas 
Aktivitas sangat penting bagi perkembangan anak. Aktivitas fisik juga bisa meningkatkan selera makan anak. Anak yang aktif berolahraga dan bermain, akan lebih cepat merasa lapar untuk mengembalikan energinya. Namun, saat anak terlalu asyik pada aktivitasnya, ingatkan jam makan dan boleh melakukan aktivitasnya kembali setelah makan.

Ciptakan suasana makan yang menyenangkan
Suasana makan yang menyenangkan bersama keluarga pasti membuat anak lebih berselara makan. Putar lagu favoritnya atau bacakan cerita sebelum makan. Anak yang makan dengan suasana hati senang, nafsu makannya lebih baik.

Buat jenis, tekstur, dan tampilan makanan lebih menarik
Anak pasti melihat menu yang dimakannya terlebih dahulu. Tampilan makanan yang menarik dan lucu pasti lebih digemarinya. Sedangkan menu yang sama setiap hari, bisa membuatnya bosan. Coba variasikan makanan yang disajikan dengan jenis, tekstur dan tampilan yang lebih menarik.

Libatkan anak memilih menu makanan
Anda juga bisa melibatkan anak memilih menu yang ingin dimakannya. Jika perlu, sesekali tak ada salahnya mengajak anak keliling berbelanja makanan dan sayuran. Menambah pengetahuannya berkeliling melihat berbagai hal baru pasti membuatnya lebih bersemangat makan. 

Kurangi snack dan minuman 
Kurangi meberikan anak snack dan minuman satu jam sebelum makan. Hal ini bisa mengurangi nafsu makannya. Snack dan minuman sebaiknya diberikan beberapa jam setelah makan dan beberapa jam sebelum makan.

Beri suplemen tambahan
Anak yang terlalu sering malas makan, bisa diberikan suplemen tambahan untuk memacu nafsu makan. Suplemen tersebut bisa berasal dari ramuan alami yang menyehatkan atau vitamin penambah nafsu makan. 

Nafsu makan anak memang bisa berubah sewaktu-waktu. Kita harus lebih kreatif untuk mendisiplinkan jadwal makan dan menvariasikan makanan agar anak tidak malas atau bosa makan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Anak Malas Makan? Coba Tips Ini!

0 comments:

Post a Comment