Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Thursday 3 March 2016

Berbagai Cara Anak Mengungkapkan Cintanya

Anak-anak tentu saja belum bisa mengatakan cintanya secara verbal. Mereka seringkali mengungkapkan perasaan cintanya kepada kita dengan cara mereka. Seiring berjalannya waktu, maka ungkapan cintanya akan selalu menarik untuk diikuti. Ungkapan cinta dari anak sangat tulus dari hati dan penuh dengan kepolosan.

 Berbagai Cara Anak Mengungkapkan Cintanya

Nah, sebagai orang tua kita tentu harus peka agar dapat menerima pesan cinta tersebut dan membalasnya dengan cara terbaik. Ungkapan cinta dari anak juga membuat kita semakin bahagia dan bersemangat dalam merawat dan mendidiknya. Begini cara anak mengungkapkan cintanya kepada kita.

1. Bayi yang baru lahir mengungkapkan cinta melalui tatapan matanya. Ia berusaha keras menatap Anda, memperhatikan dan menghafalkan wajah Anda. Tentu saja bayi belum mengenal tentang dunia, namun ia tahu bahwa Anda adalah ibunya dan amat penting baginya. Rasakan tatapan cintanya dengan senyum kebahagiaan.

2. Umunya bayi berusia 8-12 mulai bisa menunjukkan cintanya dengan respon-respon yang lebih terlihat. Ia akan sadar saat Anda meninggalkannya. Ia akan merespon dengan mengernyitkan wajah dan menangis. Ia tak mau kehilangan Anda walaupun sedetik saja. Lihatlah saat Anda kembali, ia akan tersenyum dan berhenti menangis.

3. Saat menginjak balita anak mungkin belum memahami arti sebenarnya “cinta”. Anak Anda mungkin tidak pernah mengungkapkan perasaan cintanya pada Anda. Namun. lihatlah sikapnya saaat Anda pergi sejenak, atau sikapnya saat ia marah. Ia ingin melakukan yang terbaik bersama Anda. 

4. Memasuki usia prasekolah, anak-anak ingin sekali menunjukkan kemampuan dan perkembangannya kepada Anda. Mereka memperlihatkan apa yang bisa mereka lakukan dan membuat Anda terkesan. Responlah ungkapan cintanya itu dengan pujian dan motivasi agar ia semakin berkembang.

5. Saat memasuki usia sekolah, anak mulai belajar mengungkapkan cintanya melalui bahasa, kartu-kartu ucapan, rangkaian bunga yang ia buat sendiri dan lain sebagainya. Terimalah setiap hasil karya yang ia berikan, itulah ungkapan cinta dan hadiah untuk Anda. Ia akan bersemangat jika Anda menerimanya dengan senyum mengembang dan pujian yang tulus.

Seiring berjalannya usia anak, ia akan memahami arti “cinta” dan dapat mengungkapkannya dengan baik. Mereka selalu ingin menjadi anak yang bisa Anda banggakan. Oleh karena itu, terus motivasi anak untuk dapat terus berkembang menjadi lebih baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berbagai Cara Anak Mengungkapkan Cintanya

0 comments:

Post a Comment