Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Friday 8 January 2016

Kiat Cepat Stimulasi Anak untuk Bicara

Salah satu perkembangan kecerdasan pada anak adalah kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara setiap anak berkembang dalam tahap yang berbeda. Ada yang cepat berbicara, ada pula yang harus dilakukan dengan banyak pengulangan. 

Kiat Cepat Stimulasi Anak untuk Bicara
sumber gambar
Setiap orang tua tentu ingin perkembangan kemampuan berbicara anak berjalan dengan normal. Anak secara perlahan dapat memahami bahasa yang dikatakan orang lain dan mampu menirukan untuk mengungkapkan sesuatu. Perlu stimulasi orang tua agar anak dapat melakukan kemampuan tersebut. Nah, berikut ini beberapa kiat cepat menstimulasi anak untuk berbicara. 

1. Lakukan Pengulangan Kata
Pengulangan kata sangat penting untuk mempercepat stimulasi bicara anak. Pengulangan kata memudahkan anak untuk mengingat dan menirukannya secara berulang. Semakin sering didengar, semakin sering diucapkan maka akan semakin mudah diingat. Oleh karena itu, jangan pernah bosan melakukan pengulangan kata untuk menambah kosa kata baru pada anak. 

2. Ajak Anak Berbicara
Ajaklah anak berbicara setiap kali bersamanya. Ceritakan atau deskripsikan apa yang sedang dilakukan atau apa yang sedang dilihat dengan bahasa sederhana. Anak akan mencoba mendengarkan dan menirukan setiap kata yang keluar dari mulut Anda. 

3. Berikan Waktu Untuk Menirukan
Setiap selesei mengatakan sesuatu, berikan waktu pada anak untuk menirukannya. Tidak masalah belum jelas 100% apa yang diucapkannya, namun setidaknya mereka paham apa yang diucapkan. Lambat laut kosa kata tersebut dapat diucapkan dengan jelas dan benar dengan pengulangan. 

4. Tatap Matanya
Saat berbicara dan menjelaskan tentang sesuatu, selalu tatap matanya. Anak akan mengingat ekspresi wajah Anda saat mengucapkan kosa kata tertentu. Hal ini mempermudah anak untuk mengingat kosa kata baru. Selain itu, anak juga lebih antusias karena diperhatikan dengan kasih sayang. 

5. Biarkan Anak Memilih
Memberikan pilihan kepada anak akan menstimulasinya untuk berbicara. Anak akan memilih apa yang dia sukai. Pancing dengan pertanyaan agar anak berbicara lebih lanjut tentang pilihannya. Hal ini bisa menstimulasi kebiasaan berbicara pada anak dan anak tidak takut salah.

6. Dengarkan Setiap yang Dikatakan
Saat anak mulai berbicara, dengarkan apa yang dikatakannya. Meskipun hanya ocehan yang belum begitu jelas, coba pahami apa yang dimaksudkan. Bisa dengan menanyakan lebih lanjut supaya lebih jelas. Jika ada yang sedikit keliru, bisa diluruskan dengan pengulangan yang benar. 

7. Bacakan Buku Bergambar atau Cerita
Sekarang ini banyak sekali buku bergambar tentang suatu obyek atau cerita tertentu. Bacakan anak buku tersebut sambil menunjukkan langsung bentuknya. Dengan menstimulasi seluruh inderanya, anak lebih cepat mengingat dan mengatakan sesuatu.

8. Beri pujian 
Setiap kali anak berhasil mengatakan dan melakukan sesuatu berikan ia pujian. Dengan demikian anak akan lebih percaya diri dan tidak takut untuk mengatakan sesuatu. Anak akan semakin berani mengungkapkan kosa kata-kosa kata baru lainnya.

Kemampuan berbicara anak akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan otaknya. Kemampuan tersebut akan meningkat lebih cepat jika orang tua menstimulasinya dengan benar. Meskipun awalnya terdengar belum begitu jelas, namun perlahan-lahan anak dapat mengungkapkan maksudnya dengan lancar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kiat Cepat Stimulasi Anak untuk Bicara

0 comments:

Post a Comment