Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Wednesday 2 March 2016

5 Hal yang Harus Diteladani Dari Seorang Ibu

Ibu adalah sosok yang sangat berjasa di dalam hidup kita. Tak hanya berjuang 9 bulan masa kehamilan dan berjuang melahirkan kita, namun juga dengan sabar dan penuh perhatian membesarkan dan mendidik kita. Tidak salah jika kasih sayang ibu tiada tara dan sebagai anaknya, kita tak akan pernah mampu membalas segala kebaikannya. Bahkan, di dalam agama menaati ibu adalah prioritas utama.

5 Hal yang Harus Diteladani Dari Seorang Ibu

Setiap kita tentu nanti juga akan menjadi orang tua yang membesarkan dan mendidik anak-anak kita. Tentu kita juga ingin sekali menanamkan kebaikan seperti yang telah orang tua kita ajarkan pada kita. Ibu, sosok yang dengan ikhlas merawat kita hingga dewasa memberikan banyak pelajaran berarti dalam hidup. Setidaknya, ada 5 hal yang bisa kita teladani dari seorang ibu. Berikut ini uraiannya.

1. Kesabarannya

Seorang ibu memiliki kesabaran yang luar biasa. Dalam keluarga, seorang ibu berperan sebagai seorang istri, ibu, dan anak bagi orang tuanya. Peran yang tidak mudah untuk dijalani setiap hari. Belum lagi berbagai aktivitas yang dijalani dan masalah yang muncul setiap harinya. Coba ingat kembali, berapa banyak kita merepotkan ibu kita sejak kita lahir hingga kini? Berapa banyak kesalahan yang kita lakukan dan ibu selalu memaafkan dan mengajarkan kita hal-hal baik?

Kesabaran ibu menghadapi semua hal dalam hidupnya patut kita teladani. Kesabaran yang seakan-akan tiada batasnya. Kesabaran yang selalu dapat dihiasi dengan senyum mengembang. Kesabaran yang selalu didasari untuk kebahagiaan orang lain, keluarga, suami dan anaknya tercinta. 

2. Pengorbanannya

Pengorbanan seorang ibu untuk keluarga, terutama untuk anaknya mungkin sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Seorang ibu rela tubuhnya mengembang saat mengandung kita. Seorang ibu berjuang mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan kita ke dunia. Seorang ibu yang rela berkorban bangun malam demi menenangkan kita yang menangis karena popok yang harus segera diganti. Ibu selalu berkorban untuk buah hatinya tercinta, agar tumbuh dengan baik tak kurang apapun.

Pengorbanan seorang ibu harus kita teladai dalam hidup ini. Berjuang dan berkorban untuk orang yang kita cintai. Pengorbanan demi melihat orang yang dicintai menjadi orang yang baik, bermanfaat dan dapat membantu orang lain.

3. Keikhlasannya

Tidak pernah terlintas di benak seorang ibu untuk menghitung kebaikan yang dilakukannya. Semua yang dilakukannya, dikerjakan begitu saja tanpa peduli imbalan apapun. Ibu dengan ikhlas melakukan semuanya demi orang yang dicintainya. Keikhlasan adalah urusan hati yang berkaitan dengan kebahagiaan. Ibu ikhlas melakukan semuanya dan bahagia saat melakukan itu, itulah keikhlasan. 

Kita harus belajar melakukan sesuatu dengan ikhlas. Kita harus belajar dan berkaca bagaimana seorang ibu melakukan semuanya dengan ikhlas. Hingga saat kita dewasa, ibu tak pernah menagih, meminta atau terpikirkan balasan dari kita. Betapa ikhlasnya ibu.

4. Kasih sayangnya

Kasih sayang ibu tak terhingga sepanjang masa. Kasih sayang yang juga tak akan pernah berhenti hingga kapanpun dan dimanapun berada. Kasih sayang yang tak terpisah jarak dan waktu. Ibu tak pernah berhenti memikirkan orang yang disayanginya. Buah hati yang dibesarkannya. Dimanapun berada ia selalu memikirkannya, mendoakan dalam setiap sujudnya.

Kasih sayang yang bisa kita rasakan melalui tatapan matanya, bahasanya perhatiannya, ungkapan kekhawatirannya, dan senyum bahagianya. Kasih sayang ibu yang tak terhingga ini harus kita teladani dengan melakukan yang terbaik. Melakukan yang terbaik untuk ibu, keluarga, masyarakat dan bangsa. 

5. Tanggung jawabnya

Seorang ibu bertanggung jawab merawat dan membesarkan buah hatinya dengan baik. Juga mengajarkannya hal-hal yang baik. Agar kelak buah hatinya menjadi orang baik yang bermanfaat bagi umat. Tanggung jawab ini bukan pekerjaan yang mudah. Penuh tantangan dan resiko. Apalagi ditengah gempuran berbagai media dan tontonan yang kurang mendidik. Peran dan tanggung jawab seorang ibu untuk membentuk karakter anakanya begitu besar.

Tanggung jawab inilah yang harus kita teladani. Bagaimana kita merasakan didikan ibu, yang terkadang keras, demi kebaikan anaknya sendiri. Tanggung jawab yang kelak akan dipertanggung jawabkan di hadapan Saang Maha Kuasa. Setiap insan memiliki tanggung jawab masing-masing yang harus diselesaikan dengan baik.

Keteladanan yang diberikan oleh ibu ini harus kita contoh dan kita terapkan dalam kehidupan. Segala hal diberikannya secara total untuk melihat kebahagiaan dan kesuksesan buah hatinya. Oleh karena itu, jangan pernah sia-siakan segala yang telah diupayakan oleh ibu kita. Mari kita teladani dan kita raih kesuksesan demi melihat kebahagiaan ibu kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Hal yang Harus Diteladani Dari Seorang Ibu

0 comments:

Post a Comment