Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Thursday 14 May 2015

Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Kehamilan adalah momen yang paling dinantikan oleh seluruh ibu di dunia ini. Momen menunggu lahirnya sang jabang bayi kesayangan. Meskipun dilakukan dengan bahagia, namun ada beberapa ibu yang mengalami mual dan muntah ketika kehamilan tiba. Mual dan muntah ini pada dasarnya merupakan hal yang wajar dirasakan terutama pada awal kehamilan. Akan tetapi, tidak semua ibu hamil merasakan mual dan muntah. Ada beberapa hal yang menyebabkannya seperti pengaruh perubahan hormon, faktor psikologis, dan juga pengaruh lainnya. Untuk mengatasi atau mengurangi gejala tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Berikut ini tips mengatasi mual dan muntah saat hamil. 
  1. Ubah cara makan
  2. Makanlah dengan porsi kecil namun sering. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus agar tak bertambah mual.
  3. Asupan kabohidrat dan protein tinggi
  4. Sebaiknya makanlah makanan yang memiliki banyak karbohidrat, protein dan juga perbanyak buah dan sayur.
  5. Bangun secara perlahan
  6. Jika dalam keadaan normal Anda bisa langsung beraktivitas ketika bangun, namun saat hamil sebaiknya duduklah terlebih dahulu. Lakukan perlahan hingga Anda berdiri dan beraktivitas.
  7. Kurangi makanan berlemak
  8. Makanan berlemak dan berminyak serta pedas dapat memicu rasa mual dan muntah saat hamil. Hilangi kebiasaan tersebut untuk sementara waktu.
  9. Perbanyak minum
  10. Minum wajib dilakukan untuk menghindari dehidrasi tubuh. Minum air putih adalah yang terbaik, meskipun perlu juga ditambah dengan jus buah segar. Hindari minuman berkafein dan bersoda.
  11. Konsumsi vitamin
  12. Vitamin kehamilan seperti asam folat sangat penting untuk kehamilan Anda. Selain itu, konsumsi juga vitamin B6 yang baik untuk mengurangi rasa mual.
Apabila seluruh usaha telah dilakukan namun masih saja mual dan  muntah mengganggu maka bisa mengambil langkah untuk mengkonsumsi obat. Tentunya hal ini harus Anda konsultasikan dahulu ke dokter untuk mengetahui obat yang aman serta resiko yang ditimbulkan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

1 comments: