Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Thursday 21 January 2016

Bagaimana Melatih Anak yang Takut Gelap?

Takut gelap adalah hal yang wajar dan normal dialami oleh hampir setiap anak. Bahkan, tak jarang orang dewasa yang masih takut gelap. Namun, tentu kita ingin perkembangan anak tumbuh lebih baik. Salah satu caranya yaitu melatih anak agar tak takut gelap. Mengatasi ketakutan anak dalam gelap, akan membawanya tumbuh menjadi sosok yang berani. 

Bagaimana Melatih Anak yang Takut Gelap?

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk melatih anak yang takut gelap.

Kurangi penerangan secara bertahap
Hampir semua anak selalu meminta agar semua lampu di rumah menyala terang. Agar ia tidak takut untuk ke kamar mandi atau ke dapur. Kurangi kebiasaan ini secara bertahap. Mulai dari mengganti penerangan yang lebih redup saat malam, hingga mematikan lampu di salah satu ruangan dalam rumah. Selanjutnya, lakukan secara bertahap hingga anak terbiasa.

Bekali dengan senter 
Saat mulai mengurangi penerangan dalam rumah, barengi dengan membekali anak dengan senter. Membekali anak dengan senter akan membuatnya merasa tenang dalam gelap. Ia bisa menyalakan senternya sewaktu-waktu jika ia merasa takut. 

Ajarkan hal logis
Berikan pikiran yang positif pada anak tentang gelap. Ajarkan hal yang logis tentang gelap. Jelaskan bahwa gelap tidak akan menimbulkan apa-apa. Tak perlu takut karena tak pernah ada monster atau hantu yang tiba-tiba muncul dalam gelap. Dengan mengajarkan hal yang logis maka perkembangan logika anak juga lebih baik.

Rencanakan kemah di tempat gelap
Sesekali ajak anak untuk melakukan aktivitas ringan di kegelapan seperti berkemah di tempat gelap. Tak perlu jauh, cukup di sekitar atau halaman rumah. Pengalaman di tempat gelap akan membuatnya semakin berani. 

Anak yang berani dalam gelap memiliki perkembangan fisik dan mental yang jauh lebih kuat. Mereka dapat berpikir logis dalam persepsinya untuk mengalahkan rasa takutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Melatih Anak yang Takut Gelap?

0 comments:

Post a Comment