Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Tuesday 2 February 2016

7 Ide Mengisi Waktu Anak tanpa Tontonan TV

Mengisi waktu anak dengan kegiatan fisik lebih baik daripada membiarkannya menonton tv dalam waktu yang lama. Kegiatan fisik pada anak dapat menstimulasi perkembangan otaknya dan meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik anak. Selain itu, anak juga terhindar dari tontonan kurang mendidik dan ketergantungan akan acara tertentu. 

7 Ide Mengisi Waktu Anak tanpa Tontonan TV

Ada banyak sekali ide menarik yang bisa dikembangkan untuk mengisi waktu anak di rumah. Berikut ini beberapa ide kegiatan positif untuk mengisi waktu anak.

Berkebun atau menanam
Berkebun atau menanam merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Karena tak hanya menanam saja, tapi anak juga diajarkan untuk merawat tanaman. Selain itu, anak juga bisa mengamati perkembangan tanaman miliknya dari hari ke hari. Anak bisa menanam tanaman hias atau tanaman apa saja yang mudah. Bisa menggunakan pot kecil dengan tanah atau bisa menggunakan sistem hidroponik. 

Memelihara binatang peliharaan 
Anak juga bisa diajarkan untuk menyukai dan menyayangi binatang peliharaan. Pilihlah binatang peliharaan yang aman untuk anak-anak. Seperti kucing, burung, ikan, marmut dan hewan jinak lainnya. Memelihara binatang berarti juga mengajarkan anak untuk merawat, memberi makan, memandikan dan mengajaknya bermain. 

Memotret 
Kini banyak sekali kamera-kamera saku dengan harga yang terjangkau. Melatih anak memotret gambar yang disukainya juga bisa mengajarkan berbagai hal baru. Pemandangan baru, barang baru, bahkan pemandangan biasa dari sudut yang baru. Kegiatan ini akan membuat anak-anak untuk aktif berjalan-jalan di sekitar menikmati suasana sekaligus mengambil momen yang menarik. Kumpulkan hasil jepretan anak menjadi album koleksinya. 

Memasak kue kering 
Memasak kue bersama anak bisa mejadi aktivitas yang menarik. Anak akan mulai belajar tentang memasak dan mengenal berbagai bahaya yang ada di dapur. Pilih kue yang mudah dibuat dan anak suka, seperti cookies, donat, pancake, dan sebagainya

Menghias kado dan buku
Anak-anak juga menyukai aktivitas menghias buku, kado dengan menggunakan lem, pita dan gambar-gambar kesukaanya. Hias buku-buk yang ia miliki dengan menggambar, mewarnai atau menambahkan pita. Berikan kertas warna-warni dengan berbagai motif yang menarik.

Camping di samping rumah
Bermain tenda-tendaan dengan mendirikannya di samping rumah juga bisa menjadi pengisi waktu yang bermanfaat. Anak belajar mendirikan tenda kecil dan menghias dalamnya. Mereka akan membawa perlengkapan dan mainannya. Pasti akan menjadi kegiatan yang seru.

Menata kamar
Kegiatan menata kamar anak juga bisa menjadi alternatif yang asyik. Berikan anak kebebasan untuk mendekorasi kamarnya. Biarkan mereka mengeksplor imajinasinya hingga menjadi dekorasi yang unik.

Melakukan kegiatan fisik bersama anak akan menghindarkannya dari kecanduan tv, gadget dan perangkat game. Selain itu, mereka juga akan aktif bergerak. Anak yang aktif lebih bisa berpikir cerdas dan produktif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Ide Mengisi Waktu Anak tanpa Tontonan TV

0 comments:

Post a Comment