Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Wednesday 10 February 2016

Tips Agar Anak Semangat Bangun Pagi

Membangunkan anak di pagi hari adalah pekerjaan yang sering menjengkelkan. Bahkan, beberapa orang tua selalu merasa kewalahan melakukan kebiasaan tersebut. Tak jarang yang menyerah dan pasrah. Namun, ada pula yang kreatif menggunakan cara berbeda agar anak segera bangun di pagi hari.

Tips Agar Anak Semangat Bangun Pagi

Nah, berikut ini beberapa kiat yang mungkin bisa berguna untuk membuat anak semangat bangun pagi hari.

Ajarkan tentang tanggung jawab dan resiko
Saat anak terlambat bangun pagi, maka resikonya anak akan terlambat ke sekolah. Hal ini tentu akan membuatnya malu di sekolah. Jika hal ini tak mau terjadi, maka berikan ide agar anak bangun pagi. Misalnya, dengan alarm jam dan alarm handphone. Lalu bangunkan anak saat alarm berbunyi. Jika anak enggan bangun maka ia akan menerima resikonya.

Jadwalkan tidur lebih awal
Jika anak kesulitan bangun pagi karena tidur terlalu malam, maka jadwalkan tidur lebih awal. Kebiasaan ini juga sangat baik, karena usia anak membutuhkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, ia akan tetap prima di sekolah.

Mempersiapkan perlengkapan di malam hari
Agar anak tak terburu-buru di pagi hari, sebaiknya persiapkan perlengkapan sekolah di malam hari. Persiapkan pakaian, buku-buku, tas dan sejenisnya sehingga mereka bisa bangun pagi dengan tenang. 

Ciptakan pagi yang menyenangkan
Kadang anak yang bangun di pagi hari merasa terlalu pagi dan tak ada aktivitas yang dilakukannya. Semua sibuk dengan urusan masing-masing. Ubah kebiasaan pagi hari Anda lebih menyenangkan. Ajak anak berolahraga, bersepeda keliling, menikmati keindahan mentari pagi serta membuat sarapan bersama. Anak akan lebih senang dan antusias untuk bangun pagi.

Menciptakan kegiatan pagi yang berbeda-beda akan membuat anak lebih tertantang untuk bangun pagi. Memberikannya reward setiap bangun pagi juga bisa membuatnya senang dan mengulanginya esok hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Anak Semangat Bangun Pagi

0 comments:

Post a Comment