Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Tuesday 9 February 2016

Tips Mengajarkan Bahasa Inggris yang Asyik Pada Anak

Saat ini bahasa inggris sepertinya sudah menjadi bahasa ketiga setelah bahasa indonesia dan bahasa daerah. Menguasai bahasa inggris seakan-akan menjadi kewajiban jika ingin mengakses dunia yang luas. Bagaimana tidak, gadget, games dan internet yang kita akses sehari-hari juga menggunakan fitur bahasa inggris.

Tips Mengajarkan Bahasa Inggris yang Asyik Pada Anak

Maka dari itu, tak ada salahnya jika kita mulai mengajarkan bahasa inggris pada kepada anak-anak. Usia anak-anak merupakan usia emas dalam mempelajari sesuatu. Selain itu belajar bahasa inggris juga terbukti mampu meningkatkan kecerdasan anak. 

Mengajarkan bahasa inggris kepada anak-anak membutuhkan cara yang kreatif. Selain karena anak-anak mudah bosan, cara yang kreatif tentunya lebih menyenangkan dan mudah diingat. Nah, ada beberapa cara kreatif mengajarkan bahasa inggris kepada anak-anak, seperti berikut ini.

Dengan bantuan flash cards 
Flash card atau kartu bergambar sangat cocok digunakan untuk anak-anak dari usia balita. Anak-anak sangat menyukai gambar-gambar yang menarik. Sehingga mereka menghafalkan tidak hanya dari suara yang didengar namun juga gambar yang dilihat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengucapkan kata-kata pada flash card secara bergantian dan diulang terus menerus setiap hari. 

Bernyanyi dengan lagu bahasa inggris
Bernyanyi bersama dengan lagu bahasa inggris juga bisa meningkatkan kemampuan bahasanya. Selain menyenangkan, lagu bahasa inggris juga bisa dilafalkan setiap saat sehingga mudah dihafal. Cobalah untuk bernyanyi dengan lagu-lagu bahasa inggris yang familiar iramanya dan bernyanyilah setiap kesempatan.

Selipkan kosa kata bahasa inggris sehari-hari dalam percakapan
Menyelipkan kosa kata bahasa inggris tentang barang-barang disekitar kita juga bisa menambah kemampuan bahasanya. Misalnya saat bercakap-cakap setiap hari, Anda bisa menyelipkan kosa kata yang mudah seperti makan itu eat, duduk itu sit, dan lain sebagainya. Dengan pembiasaan yang seperti ini tentu anak lebih mudah ingat dan semakin penasaran kosa kata benda-benda yang lain.

Mainan dan buku cerita dalam bahasa inggris
Dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu, paling mudah mengajarkan bahasa inggris lewat mainannya. Banyak contoh mainan yang menyelipkan bahasa inggris didalamnya. Bisa juga buku cerita dalam dua bahasa. Sehingga Anda bisa membacakan kisah yang menyenangkan sambil diselipi bahasa inggris.

Menonton film bahasa inggris
Film-film anak dalam bahasa inggris sering menampiilkan adegan-adegan lucu yang menarik. Meskipun percakapannya menggunakan bahasa inggris sederhana, namun lewat adegan tersebut anak menjadi lebih paham maksud percakapan itu. Selain itu, dengan membiasakan mendengar bahasa inggris anak juga akan semakin terlatih. 

Kunci mengajarkan bahasa inggris pada anak adalah pengulangan dan konsisten. Pengulangan yang semakin sering akan membuatnya lebih mudah mengingat. Sedangkan dengan konsisten, perlahan tapi pasti anak akan mampu menyerap kosa kata dan berbicara dalam bahasa inggris.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengajarkan Bahasa Inggris yang Asyik Pada Anak

0 comments:

Post a Comment