Bersama Membangun Generasi Bangsa. Berisi tentang tips dan trik peran orang tua dan perkembangan anak

Monday 15 February 2016

Tips Mengelola Emosi Anak

Emosi merupakan luapan perasaan yang sering dikatikan dengan kemarahan. Setiap orang, bahkan anak-anak juga memiliki emosi. Emosi merupakan hal yang alamiah terjadi, oleh karena itu harus dikelola dengan baik. Emosi pada anak harus dikelola agar anak belajar mengontrol emosinya sejak dini. Emosi yang tidak terkontrol hanya akan melahirkan kerusakan. Disinilah peran orang tua sangat penting bagi anak. 

Tips Mengelola Emosi Anak

Emosi seringkali memunculkan perilaku agresif pada anak. Perilaku agresif ini dapat berbahaya karena bisa diungkapkan dalam bentuk tindakan kasar atau atau kata-kata kasar. Anak akan dengan mudah memukul, mendorong, mencaci dan hal buruk lainnya. Sebagai orang tua, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengelola emosi pada anak, sehingga emosi tersebut dapat dikontrol dan dikendalikan, bahkan diungkapkan dengan cara yang posititif.

Ajak diskusi

Emosi yang baik harus disalurkan dalam cara yang baik pula. Cobalah untuk mengajaknya berbicara tentang perasaannya, apa yang ia rasakan. Bantulah ia mengungkapkan emosinya, gali dan beri masukan yang baik, apa yang seharusnya ia lakukan. Jangan menyalahkan emosi mereka, namun tuntunlah agar emosi tersebut diluapkan dengan cara yang posistf agar tidak menimbulkan kerusakan. 

Dampingi sang anak

Saat ia dalam kondisi emosi, dampingi anak. Ajaklah berbicara dan beri perhatian khusus. Anak yang merasa didengar, diperhatikan dan dibantu untuk menyelesaikan masalahnya akan lebih mudah mengontrol emosinya. Anak lebih merasa dihargai dan nyaman saat kita mendampinginya.

Ubah emosinya

Saat anak mulai dapat mereda emosinya, ubah sisa-sisa emosi itu menjadi hal yang positif. Hal ini untuk menghindarkan anak dari tingkah laku yang agresif. Ubah emosinya saat itu ke dalam permainan untuk mengalahkan musuh yang jahat, misalnya. Atau pertarungan dalam games melawan ayah atau ibu. Bermainlah agar anak melupakan dan bisa kembali ceria dan menata perasaannya.

Beri contoh yang baik

Hal terkahir dan yang laing penting dilakukan yaitu memberikan contoh yang baik pada anak. Jangan pernah emosi saat di depan anak. Luapkan emosi dalam bentuk yang positif pula. Anak adalah peniru yang baik. Jangan sampai, emosi Anda memberikannya alasan untuk melakukan hal yang serupa. Jadilah teladan yang baik pada anak dalam hal apapun. 

Emosi adalah tindakan wajar yang harus dikontrol dan dikelola dengan baik. Anak-anak dalam masa pertumbuhannya harus selalu dipantau dan diberikan contoh mengelola emosi secara positif. Agar terbawa hingga dewasa cara mengelola emosi. Anak akan tumbuh dan menjadi pribadi yang lebih sabar dan pandai mengelola emosi. Inilah contoh pribadi yang sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengelola Emosi Anak

0 comments:

Post a Comment